Kelas Blog Online Bersama Mentor Prita HW

Kelas Blog Online Bersama Mentor Prita HW

Berangkat dari perenungan yang berkepanjangan. Melewati waktu demi waktu, kejadian demi kejadian hingga akhirnya melabuhkan jangkar dalam sebuah keputusan, menjadi blogger. Hai! Saya Maulana Ilham Pratama. Mahasiswa semester akhir di Univeritas Udayana Bali. Senang rasanya ada sebuah tempat untuk menuangkan gagasan, ide, hingga cerita dalam blog ini. Saya mengikuti Kelas Blog Online dengan Mentor Prita HW.

Saya mengenal dunia blog sejak 2010, bertepatan saya memasuki pendidikan sekolah menengah pertama. Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) salah satu yang memperkenalkan blog kepada saya. Selain itu, di tahun 2010 masifnya Warung Internet (WarNet) yang tersedia juga mendukung saya untuk mengenal dunia blog.

Namun, bukan menjadi pengguna aktif blog. Saya terhanyut menjadi pembaca blog seperti halnya blogspot ataupun terjun ke forum diskusi seperti kaskus dan indowebster. Favorit saya pada waktu itu adalah tema teknologi, terutama software-software windows. Pergolakan pikiran di masa remaja memang membuat saya tidak fokus menjadi blogger. Keinginan menjadi blogger itu bergeser dan membuat saya sementara waktu bermain game online ala anak WarNet.

Memulai untuk ke-dua kalinya sebagai blogger saat berada di bangku sekolah menengah atas. Saya bergabung dalam komunitas komputer, atau lebih tepatnya dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade komputer, yaitu ajang tahunan yang kompetisinya hingga tingkat nasional. Tapi bukan olimpiade komputer yang menjadi fokus bahasan kali ini, saya tertarik dalam komunitas komputer karena memiliki teman seperjuangan untuk berlama-lama di sekolah hanya demi Wi-Fi (bisa disebut juga Wi-Fi Hunter). Saya ada rekam jejaknya, bisa dilihat di sini. Namun sekali lagi, saya diterpa banyak badai pilihan dan meninggalkan blogger kembali.

Group Whatsapp Indonesia Branding Forum
Whatsapp Group Indonesia Branding Forum (IBF)

Di tahun 2020, tepatnya pada bulan September akhir, saya melihat Whatsapp Grup Indonesia Branding Forum (IBF) yang merupakan grup belajar branding yang dimentori langsung oleh pakarnya, Mas Yayak / Braderkay. Nah di grup ini, ada program weekend untuk iklan bagi member-membernya. Salah satu iklan itu membuat saya memorize ingatan tentang blog. Beliau adalah Mbak Prita, founder The Jannah Institute dan professional blogger. Beliau juga salah satu mentor di IBF, semakin menambah keingintahuan mendalam saya ini. Blogging Class #2 merupakan sebuah kelas bagi siapa saja yang mau belajar blog dari dasar, mendatangkan trafik, hingga mendatangkan penghasilan. Luar biasa, langsung merinding tahu kalo blog bisa jadi saluran rejeki! 

Kelas Blog Online Bersama Mentor Prita HW

Ini pertanyaan yang cukup membuat saya terdiam. Saya belum bisa membuat rencana jangka panjang. Saya juga tidak begitu percaya diri untuk berbicara di tempat umum. Mungkin ini menjadi bagian dari kekurangan saya. Saya ingat pesan Mas Jaya Setiabudi dalam setiap beliau menjadi narasumber. Faktor penghambat sukses itu ada dua, 1. Alasan dan 2. Penundaan. Jadi kalau saya banyak beralasan dan banyak menunda untuk menulis di blog, maka kapan saya suksesnya?

Rendahnya literasi di Indonesia. Dilansir dari Katadata (Diakses tanggal 14 Oktober 2020), Tingkat literasi Indonesia masih rendah. Kegiatan literasi dipengaruhi beberapa faktor, yaitu kecakapan, akses, alternatif, dan budaya. Data ini menyebutkan bahwa hanya 9 provinsi dari 24 provinsi yang berkategori sedang. Sementara, 24 provinsi lainnya berkategori rendah. Saya juga mengamini rendahnya literasi saya dalam membaca. Quotes dari Bung Hatta, Wakil Presiden ke-2 menjadi sindiran yang satire, "Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas".

Satu lagi yang terpenting, helping others. Ya, membantu sesama. Saya yakin diluar sana, banyak orang yang tidak seberuntung saya dengan fasilitas yang sangat mendukung untuk blogging. Saya yakin, banyak orang yang mencari solusi terhadap masalahnya melalui googling. Kebutuhan berinternet masyarakat Indonesia sangat besar. Data BPS menyebutkan di tahun 2014 saja persentase penduduk usia 5 tahun ke atas yang menyatakan pernah mengakses internet dalam tiga bulan terakhir sekitar 17,14 persen dan meningkat menjadi 39,90 persen pada tahun 2018. Nah bayangkan saja di tahun 2020 bagaimana peningkatannya? apalagi diiringi dengan pandemi global yang menginstruksikan teknologi internet sebagai kebutuhan primer bagi semua kalangan masyarakat.

Kelas Blog Online Bersama Mentor Prita HW

Mampu memberi manfaat untuk orang lain sudah tentu menjadi tujuan para blogger. Namun, saya ingin lebih mengkhususkan diri dalam menuangkan tulisan saya. Agar nantinya, pembaca akan tahu dan betah membaca di blog ini. Tujuan dari blog saya rancang dalam poin-poin dibawah ini.

  1. Menulis dengan tema yang ditentukan. Hal ini akan melatih fokus dan konsistensi saya agar harapannya dapat menjadi ahli dalam tema yang saya tekuni. Tema dalam blog ini adalah Local Guides (me-review di kolom Google Maps), Perikanan dalam Perspektif S1, dan Entrepreneurship.
  2. Membangun SEO (Search Engine Optimizer). Di Blogging Class #2 yang dimentori oleh Mbak Prita HW, materi SEO adalah materi yang diajarkan di Kelas Intermediate. Jadi, setelah mengerti dasar-dasar blogging dan menentukan niche atau tujuan blogging, dilanjutkan belajar mengenai SEO yang bertujuan untuk mendatangkan trafik.
  3. Berkomunitas. Saya yakin dengan saling mengenal blogger dimanapun berada, mampu membentuk komunitas yang tentunya dipelopori oleh The Jannah Institute. Komunitas blogger ini jelas menjadi ajang silaturahmi, memberi referensi penulisan blogging, dan memperkuat semangat blogging.

Kelas Blog Online Bersama Mentor Prita HW

Hebat!!! Simple and Impactful!

Metode pembelajaran jarak jauh bisa diakses melalui banyak aplikasi, salah satunya whatsapp. The Jannah Institute's (TJI) Blogging Class berhasil mengkemas sebuah kelas yang berisikan belasan orang melalui Whatsapp Group. Jika kita bandingkan dengan Zoom Meeting yang merupakan aplikasi komunikasi conference berupa video dan audio, maka Whatsapp Group bisa kita padankan pula dengan aplikasi komunikasi conference berupa teks dan audio (melalui voice noted). 

Blogging Class #2
Whatsapp Group Blogging Class #2

Mungkin bagi sebagian orang akan berpikir bahwa belajar di Whatsapp Group ini akan sulit. Namun, TJI mampu membawakan kelas ini dengan sangat mudah dimengerti dan tak kalah seru dengan aplikasi Zoom Meeting. Apalagi dimoderatori oleh orang yang sangat berpengalaman, Mbak Siska. Tugasnya dari pembukaan kelas, perkenalan mentor, sampai sesi tanya jawab yang pertanyaannya kadang suka muncul di sesi materi.Kemudian Sang Mentor, Mbak Prita HW yang membawakan materi yang ringkas namun padat berisi. Kalau di kampus, ibarat materi 1 semester diringkas hanya menjadi 1 jam saja. Materi yang dikirim ke Group Whatsapp berupa gambar dengan tulisan ringkas, foto, infografis, dan ornamen-ornamennya yang sepadan dengan Power Point.

The Mentors

Beliau adalah Mbak Prita Hendriana Wijayanti, pemilik pritahw.com dan thejannahinstitute.com. Dunia literasi seperti halnya blog sudah menjadi passion atau lebih tepatnya "dunia gairah" bagi Mbak Prita. Tulisannya banyak menjuarai kontes-kontes, baik yang diadakan oleh komunitas, maupun diadakan oleh perusahaan, selengkapnya bisa anda lihat disini.

Ada satu impian Mbak Prita yang menarik perhatian saya. Dalam blognya, beliau menuliskan ingin menyiapkan ranah social entrepreneur bersama dengan Sang Suami. Saya tersadar, bahwa impian yang ditulis pada tanggal 27 November 2018 di link ini, sudah diwujudkan dalam bentuk thejannahinstitute.comSebuah knowledge center yang berfokus pada tiga ranah, diantaranya writing services (jasa kepenulisan), workshop provider (penyedia pelatihan), dan literacy consultant (konsultan di bidang literasi).

Blogging Class #2 adalah salah satu diantara Program thejannahinstitute.com. Saya sangat senang bisa menjadi bagian dalam kelas ini. Semoga saya bisa menjadi blogger yang hidup dalam Dunia Gairah seperti halnya Mbak Prita.  Begitu pula dengan classmate beserta blognya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga tulisan ini membawa manfaat dan memberi inspirasi kepada anda, terutama dalam menekuni blog.




34 Komentar

  1. wah, surprised dan proud banget membaca ini. Bahagia bisa membangkitkan semangat seorang blogger yg lama terpendam. IMHO, Maulana bisa lebih dari ini. Terus konsisten ya, dan buktikan manfaatnya sendiri, bukan hanya mendengar ceritanya. Terimakasih sdh memilih kelas ini ya Maul, insyaaAllah lanjut silah ukhuwahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Prita. Makasih banyak ya ilmunya. Banyak yang belum dipraktekan ini, hehe. Konsistennya ini yang perlu dijaga.
      Udah lama nggak main ke Jember, any time kalau kesana bisa mampir 🙏😊

      Hapus
  2. Keren review kelas online blog nya. Salam kenal mas Ilham.
    Jalin silaturrahim yuk kerumah https://www.ayahugiparenting.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Ayah Ugi 😊. Senang rasanya bisa dikunjungi teman sekelas 😃🙏. Ini blognya udah pro banget, perlu banyak belajar dari Ayah Ugi 😊

      Hapus
  3. Ini setoran postingan pertama di blog ya pas baca br setengah langsung minder saya. keren mas. ilmunya juga udh banyak.

    BalasHapus
  4. Masih muda dan ilmunya udah keren banget. Gaskeun bli :D

    BalasHapus
  5. Mantaapp. Jadi semangat buat belajar blogging nih. Saya masih newbie soalnya. Wkwk

    BalasHapus
  6. Selamat datang di dunia blogging. Semoga istiqamah dengan idealismenya. Saat nanti disergap bosan -whic is normal-, ingat-ingat lagi keputusan mengapa ingin menekuninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih nasehatnya mbak. semoga istiqomah, aamiin...

      Hapus
  7. Uwow, kelas online tentang blogging mbak Prita HW ini tentunya keren pisaaaan ya :) Ga hanya berbagi ilmu ngeblog tapi kasih semangat dan kiat2 alias jurus hitu supaya blog ciamik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget. Mbak prita dan team jago banget soal ngajarin ilmu. mudah dimengerti mbak :)

      Hapus
  8. Bagus penulisanmu di sini. Mengena banget ya sepertinya kelas dari Mbak Prita ini. Dari dulu pun. Aya sudah kagum dengan dia dan sampai sekarang belum berkesempatan bertemu dengan beliau.

    Selamat dan terus semangat menulis. Terkadang yang hilang dalam perjalanan itu konsistensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mas Darius. Doakan semoga konsisten :)

      Hapus
  9. Sangat bermanfaat ya ilmu dan informasi yang disampaikan

    BalasHapus
  10. Mantapp. Sangat menginspirasi tulisannya kak ��

    Semangat Ngeblog dengan lebih keren lagi kak ����

    BalasHapus
  11. Mba Prita memang inspiratif. Seru banget kelas online-nya. Inspiratif yaa.

    BalasHapus
  12. Wah kalau mentornya Mbak Prita sih udah jaminan mutu. Saya sudah menyaksikan sepak terjangnya baik secara online maupun langsung , keren emang. Semangat terus menulisnya ya Mas Maul. Tulisanmu bagus, bisa bikin org jadi pengen ikut nulis hahaha

    BalasHapus
  13. Ah aku ngikutin perjalananmu ngeblog lewat artikel ini. Selamat ngeblog sampe besok besok yaa

    BalasHapus
  14. Strong why ini menurutku penting banget emang ya kak untuk digali. Kalau engga, ngeblog ya cuma asal-asalan ntar jadinya. Ditambah lagi ngga akan bisa konsisten nantinya. Karena dia ngga cukup punya motivasi yang kuat

    BalasHapus
  15. Waah seneng sekali bisa ikut kelas blogging dengan mentor Mbak Prita ya. Jadi lebih semangat ngeblognya yaa..

    BalasHapus
  16. aku yakin sih segala ilmu yang kita pelajari dengan sungguh2 insyaAllah akan berbuah manis.
    semangat dan konsisten teru ya kak nge blog nya

    BalasHapus
  17. Saya pernah 2 kali ketemu Mbk Prita, pengalaman ngeblog dan literasinya memang mumpuni. Saya juga ingin belajar dengannya

    BalasHapus
  18. Keren ya, kurikulum sekolah makin lama makin berkembang saja. Saya mah SMP baru dikenalin sama mesin tik. Dah gitu bikin jari2 tangan lecet. wahahaha... Asyik kak, semoga blogny selalu menginspirasi ya 🤩👍

    BalasHapus
  19. Wah, akhirnya beririsan, aku pun kagum sama Prita. Sempat beberapa kali ketemu di acara blogging. Duo Prita dan Kang Nana sangat kompak, visioner terutama dalam menggagas social enterpreuner. TJi adalah wujud nyata komitmen mereka. Salut buat Maulana, semangat dan gairahnya jangan sampai padam. Terus gali potensi dan kembangkan diri. Aku yakin bisa mencapai hal-hal besar dalam blogging di masa depan.

    BalasHapus
  20. Ngeblog dan tahu blog mulai 2010 saat SMP? WOW.. Cuma berselang satu tahun. Apa pun alasan untuk ngeblog, apalagi dengan goal yang kamu tuliskan dalam ulasan ini, teruslah menulis.

    "Faktor penghambat sukses itu ada dua: Alasan dan Menunda". So true. Dan ini saya juga masih berjuang untuk menghilangkan hambatan ini.

    BalasHapus