Masalah atau karunia?

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Wr. Wb.


Temen-Temen yang di rahmati Allah swt, saya mau sedikit berbagi . Masalah dan karunia, apa menurut kalian mengenai ke-2 kata tersebut?


Kalo biasanya masalah itu dikategorikan sama hal-hal yang gak enak, kayak kehilangan uang, di PHK, di putus pacar, diuber-uber utang, tugas-tugas pada numpuk, dan hal-hal lainnya. Apa bener kayak gitu ya?

Biasanya juga karunia itu dikategorikan sama yang indah-indah, yang membahagiakan, kayak gajinya naik, dapet kerjaan sampingan yang bisa nambah penghasilan, dapet pacar baru, bisa beli mobil baru. Apa demikian juga yang kalian mengerti?


Sebenernya kalo menurut pandangan islam itu gak begitu juga, yang dimaksud dengan masalah adalah hal-hal yang membuat kita jauh bahkan kehilangan Allah swt, sedangkan yang dimaksud dengan Karunia adalah hal-hal yang membuat kita deket sama Allah swt.


Kenapa demikian? Coba saya ambil contoh, ketika kita dapet kerjaan sampingan, terus kita lalai sama kewajiban kita sama Allah, kayak Sholat gak tepat waktu, gak berjamaah, gak sholat malem gara-gara kecapekan, gak sholat dhuha gara-gara kerjaan masih numpuk, dan lain sebagainya. Apa kita masih nyebut kalo ini karunia? Ini sebenernya masalah, beneran deh masalah.

Saya ambil contoh lagi, ketika ke PHK, kemudian kita bener-bener nyesel, langsung kita ngambil air wudlu, terus kita sholat, kita bener-bener minta sama Allah, terus kita juga ngaji, bersedekah, yang semula kita jarang deket sama tetangga gara-gara kerjaan, kita jadi bisa deket lagi sama tetangga, kita bisa bener-bener deket sama Allah.

Nah, perlu diketahui nih temen-temen, kita bukan hanya merasakan karunia itu di hal-hal yang indah-indah, yang membahagiakan, namun kita juga bisa kok merasakan karunia di dalam yg gak enak, di dalam kesedihan. Sekali lagi temen-temen, Hanya Allah yang bisa bantu kita di dunia ini, gak ada apapun pokoknya selain Allah swt. Bersyukurlah temen-temen, banyak-banyaklah mendekatkan diri sama Allah.


Semoga tulisan ini bermanfaat,

Wassalamualaikum


0 Komentar