Samsat Si Legenda

Gambar 1. Kondisi Pintu Masuk Kantor Samsat

Hai. Selamat Pagi. Hari ini, Kamis 10 September 2020 saya berada di Kantor Samsat Renon, Denpasar. Saya memperpanjang motor Legenda yang akhir bulan ini sudah jatuh tempo. Pukul 08.30 saya sampai disini. Parkir motor diluar pagar kantor, karena aturan baru semenjak wabah melanda kami (covid-19). Serangkaian protokol kesehatan diterapkan , seperti mencuci tangan di wastafel dekat pintu masuk, pengecekan suhu badan dengan thermogun, hingga kursi yang diberi tanda silang setiap jarak 1 kursi. Saya pergi ke Meja Informasi untuk cek kelengkapan, tempatnya tepat di pintu masuk sebelah kanan. Saya ijin menjelaskan dengan poin-poin agar mudah dipahami.

1. Saya mengambil motor di parkiran dan mengantri untuk gosok mesin. Selama mengantri, saya meminta formulir gosok mesin di dekat loket. Saya mengisi formulir sembari mengantri untuk gosok mesin. Gosok mesin itu simpelnya petugas menempelkan stiker khusus ke mesin yang dekat dengan rantai kemudian melepasnya dan menempelkannya kembali di formulir yang telah saya isi. Selanjutnya, saya memarkirkan motor kembali dan mengantri di loket gosok mesin untuk verifikasi petugas.

2. Saya menuju Bank BRI yang ada di halaman kantor samsat untuk melakukan pembayaran pajak sebesar 160.000 rupiah.

3. Saya menuju loket registrasi di dalam kantor untuk menyerahkan berkas dan mengambil nomor antrian, saya mendapat No.B.22. Saya diarahkan menuju loket paling belakang untuk pajak selanjutnya (dekat dengan arah menuju toilet). Disini cukup lama antriannya sehingga anda bisa melakukan aktivitas seperti mengobrol dengan chairbuddy (teman sebangku), main game hp, membaca buku, ataupun membuat artikel seperti yang saya lakukan saat ini. Saya ternyata tidak membawa uang lebih, sehingga panik untuk pembayaran selanjutnya. Untung saja ada QRIS sehingga saya bisa bayar lewat HP saya. Saya menggunakan BPD BALI Mobile (bukan iklan) untuk membayar pajak dan cukup praktis. Biaya pajak untuk motor legenda sebesar Rp. 167.000.

4. Saya diarahkan menuju loket pengambilan STNK. Lokasinya di kantor bagian depan dekat tangga lantai 2.

5. Selanjutnya, saya mengambil plat nomor di tempat yang sulit saya jelaskan (karena berada di kantor yang berbeda). Saya menyerahkan slip pembayaran pajak Rp. 160.000 BRI dan slip merah STNK. Kemudian tunggu hingga Plat Nomor dipanggil.
Demikian proses perpanjangan pajak motor 5 tahunan. 

Prosesnya panjang, tapi mudah untuk dijalani. Di kantor samsat tersedia tempat untuk charge hp dan juga ada kantin jika anda kelaparan.
Gambar 2. Kondisi gedung gosok mesin / cek fisik





0 Komentar